TIPS DAN TRIKS SEBELUM MENJUAL PONSEL SECOND – HANDPHONE BEKAS ANDA

Bookmark and Share

Menjual handphone tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Walaupun banyak toko menerima jual beli ponsel, namun seringkali kita dibuat jengkel dan kesal sebab mereka menawar handphone kita dengan harga rendah dan sering tidak masuk akal, padahal kondisi ponsel kita masih terbilang sangat mulus. Tak mengherankan jika trasnsaksi jual beli sudah dilakukan, hati malah jadi depresi bukannya malah menjadi asoy geboy, sebab ponsel kesayangan terpaksa harus dijual dengan harga sangat dibawah harga pasaran. Tapi karena sudah terlanjur terbuai oleh godaan ponsel baru yang masih perawan, maka harga rendah pun tak jadi soal. Harus diingat, menjual ponsel bukan hanya sekedar serah terima barang dan uang saja. Sudah banyak terjadi kasus setelah ponsel dijual ujung – ujungnya malah menjadi malapetaka gara – gara foto pribadi yang belum dihapus atau video 3gp pribadi yang merekam adegan – adegan mesum padahal hanya untuk koleksi pribadi dan cenderung kepada privacy, tersebut belum dihapus. Maka berhati – hatilah sebelum menjual ponsel. Berikut antara lain tips dan triks nya supaya aman.

  1. Perbaiki Kondisi Handphone

Si pembeli – entah itu teman atau pemilik toko pasti akan memeriksa dulu kondisi hanphone yang akan kita jual. Setiap kerusakan yang terjadi pada ponsel anda akan mengurangi nilai jual. Parahnya, terkadang si pembeli menjadikan alasan kerusakan yang terjadi untuk menurunkan harga secara sidgnifican, padahal kerusakannya Cuma sedikit dan sepele sekali. Ada baiknya ponsel diperbaiki terlebih dahulu atau jika ponsel masih berada dalam masa garansi bawalah ponsel ke service center untuk diperbaiki terlebih dahulu.

  1. Backup Data

Bayangkan jika setiap berganti handphone kita harus mencatat kembali ratusan nama yang berada didalam phonebook? Cafedeh…! Nah, agar lebih mudah dan cepat kita bisa melakukan backup data pada handphone ke dalam PC kemudaian pindahkan lagi / rsestore data ke ponsel baru. Pada ponsel – ponsel terkini biasanya sudah disediakan aplikasi (PC Suite) Yang menyediakan fasilitas untuk backup data. Namun jika ponsel anda tidak dilengkapi dengan aplikasi backup bawaan kita bisa memakai aplikasi bebas yang sudah tersedia bebas di pasaran. Contohnya BitPim ( www.bitpim.com )– untuk CDMA sedangkan untuk GSM – ZYB ( www.zyb.com ), yang bisa dipakai gratis. Atau dengan cara lain yaitu anda dapat memanfaatkan fasilitas backup yang disediakan oleh masing – masing operator kartu telepon.

  1. Menghapus Data Ponsel

Seperti halnya dalam komputer, data di handphone yang saudah dihapus ternyata bisa dimunculkan kembali lagi. Tidak hanya file yang dihapus kemarin sore, data yang dihapus satu tahun lalu pun bisa ditarik kembali, dengan bantuan aplicasi recovery. Bagi yang terbiasa menyimpan data pribadi pada ponsel seperti nomor rekening bank – catatan pribadi – password email – smpai foto pribadi sebaiknya lebih berhati –hati lagi. Coba bayangkan jika data – data tersebut dieksploitasi orang lain, wah bisa berabe ntar? Solusinya antara lain dengan menghindari gonta – ganti memori eksternal. Meskianda sering berganti ponsel usahakan memori eksternal tidak ikut serta merta diganti juga. Jika mempunyai rencana menjual ponsel berikut memori eksternalnya ada baiknya anda memformat memori ekternal tersebut dengan menggunakan metode – full format – melalui PC. Setidaknya langkah menghapus data lebih clear – detail.

  1. Mengecek Harga Pasar Handphone

Carilah informasi sebanyak – banyaknya tentang harga ponsel yang akan dijual. Informasi tidak cukup hanya dari surat kabar saja, cobalah untuk piknik ke sentra ponsel, kemudian tanyakan tipe ponsel yang anda miliki. Dengan begitu kita bisa tau berapa patokan harga sebelum menawarkan ponsel kita ke outlet handphone tersebut. Ada abiknya juga mengajak teman yang sedikit banyak tau mengenai dunia ponsel sehingga dapat mengurangi resiko tertipu saat pihak toko mengeluhkan kondisi ponsel yang dikatakan sudah rusak, padahal masih mulus.

  1. Lepas Aksesoris Tambahan Handphone

Seumpama ponsel sudah dilengkapi dengan aksesoris seperti Bluetooth - charger tambahan – memory card – battery ekstra – alangkah baiknya jika aksesoris tersebut disimpan sebagai koleksi pribadi suatu saat mungkin anda akan membutuhkannya lagi. Jika anda menjual handphone di toko ponsel biasanya mereka akan menawar aksesoris handphone anda tersebut dengan harga yang sangat rendah tentunya sebab toko ponsel terkadang tidak merangkap sebagai penjual aksesoris ponsel. Namun jika tetap berkeinginan untuk menjualnya cobalah tawarkan kepada orang yang sedang membutuhkan aksesoris handphone tersebut sehingga harganya juga tidak terlalu jatuh.

  1. Cobalah Pasang Iklan di Surat Kabar

Tidak ada salahnya jika anda ingin menjual ponsel agar cepat laku dengan memasang iklan di surat kabar. Cara ini dapat dibilang efektif karena surat kabar dibaca banyak orang, bahkan tidak sedikit orang yang membeli koran hanya untuk melihat rubrik jual beli saja. Biasanya pada media masa disediakan halaman khusus yang dikenal sebagai iklan mini atau iklan baris yang isinya mengenai informasi barang – barang apa saja yang akan dijual ke khlayak luas.

– Selamat Mencoba –

Keywords CDMA:

CDMA, cellular network, code division, mo-. bile, multiple access, power control, power management,. TDMA, time division, wireless network -soft detection, soft decoding, coded multiuser detection, RAKE receiver, sum-product algorithm, iterative methods - low-rate convolutional codes, orthogonal codes, superorthogonal codes, rate-compatible, maximum free distance - gsm , installation , patches , Bts , OAM , SMPS , Modcell , VSWR - cdma phone with wifi, wifi cdma phone, cdma wifi phone, cdma philippines, wi fi ready cdma phone, windows wifi phone - cell breathing effect, simulations, wireless - Nokia, 6300, handphone murah - Sony Ericsson mulus - lengkap dus buku - 64MB MMC - JUAL MURAH NOKIA cdma 6235 - nomor second mentari super cantik – Motorola – Samsung - Cempaka Mas - harga handphone bekas - CARI HP BEKAS N72 – daftar harga handphone bekas - ponsel second jakarta - cari hp nokia N73/N72 bekas - telepon genggam - Cari HP bekas - Nokia 2600 Second harga Rp 500.000 - mengakses blog via handphone - harga handphone nokia terbaru - harga handphone bekas nokia - sarung handphone aksesoris - Sony Ericsson Harga Ponsel Harga PDA – Jalan Mangkubumi Jogja - daftar harga ponsel cdma gsm baru bekas - beli cartridge bekas hp jakarta – cari handphone batangan - jual HandPhone second - Daftar harga HP baru - bekas atau second

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Edybawas mengatakan...

sssip tipsnya jd pengin jual hp nih...

Poskan Komentar