TIPS DAN TRIKS TEKNIK MENGURANGI STESS PADA KARYAWAN

Bookmark and Share
Metode yang digunakan untuk mengurangi stress adalah memecahkan masalah secara koperatif, mempersatukan tujuan, menghindari konflik, ekspansi sumber energi, memperlunak konflik, kompromi dan mengubah struktur organisasi.

1. Memecahkan Masalah Secara Koperatif
Jika terdapat dua pihak yang mempunyai pendirian atau tujuan yang berbeda, maka jalan yang ditempuh adalah mengadakan penyelesaian secara musyawarah. Cara yang paling tepat untuk mengurangi stress adalah melalui koperatif yang disertai dengan sikap kepala dinginsambil berdiskusi untuk melepaskan berbagai perbedaan untuk menemukan titik terang. Jika ada karyawan yang berpendirian atau tujuan berbeda dianggap tidak melaksanakan aturan perusahaan dimana ia bekerja, hal ini disebabkan semua langkah karyawan telah ditentukan oleh perusahaan. Semua karyawan harus bekerja sesuai dengan hal-hal yang telah digariskan oleh perusahaan.

2. Mempersatukan Tujuan
Tujuan yang dipersatukan sama artinya dengan tujuan bersama yang harus dicapai oleh kedua belah pihak yang berselisih. Berdasarkan prinsip bimbingan dan konseling, maka pendekatan yang diperlukan adalah dari hati ke hati dengan kepala dingin. Kemudian dicarikan persamaan dari perbedaan tersebut, sehingga dapat dicarikan jalan keluar. Semua karyawan bekerja dengan satu tujuan sesuai dengan program perusahaan, selain itu karyawan yang harus bekerja memperoleh produksi yang sebesar – besarnya untuk memperoleh upah yang maksimal.

3. Menghindari Konflik
Untuk menghilangkan gagasan yang berbeda yang dapat menimbulkan stress, harus dapat dihilangkan konflik. Dengan demikian orang merasa senang sehingga tidak menimbulkan rasa benci. Prinsip nglurug tanpa bolo, menang tanpo ngasorake , merupakan landasan hidup untuk menghindari konflik. Karyawan bekerja mengejar hasil agar mendapatkan penghasilan yang maksimal, sehingga jika ada konflik sesama karyawan hanya ditahan dalam hati. Hal ini menjadi sumber titik awal stress pada karyawan.

4. Ekspansi Sumber Energi
Jika Seorang karyawan mengalami stress akibat adanya imbalan yang tidak memadai, untuk mengatasi hal tersebut perlu ditambah imbalannya. Jika mereka mengalami stress akibat tidak menerima tunjangan hari raya (THR), maka mereka harus diberikan THR. Bagi karyawan uang makan, uang lembur, dan THR telah ditetapkan oleh perusahaan. Jika hal – hal tersebut di berikan kepada karyawan dapat memicu terjadinya stress pada karyawan.

5. Memperlunak Konflik
Memperlunak konflik berarti memperlicin jalan penyelesaian konflik. Pemimpin yang melihat anak buahnya mempunyai gagasan datau pendapat tidak sama harus menghilangkan ketidaksamaan itu. Dengan demikian perbedaan dapat diminimalisir sehingga konflik dapat ditekan.

Keywords Terkait:
manajemen stress – kemampuan menghadapi stress – cara menghindari stress – tanda terserang stress – cara menaggulangi stress – stress pada wanita – peningkatan libido – naiknya hormone adrenalin – psikologi stress – tips pengendalian emosi – dampak stress terhadap berat badan – bimbingan konseling – dampak dan akibat stress – test berfikir kritis – cara mengurangi stress saat hamil – hidup normal – rasa khawatir terlalu besar – kiat mengatasi stress dan tekanan jiwa – mengelola stress – mengenali stress – tips mengendalikan amarah – tips kesehatan – dokter psikiater praktik jakarta - tempat rehabilitasi stress – rumah sakit jiwa – susah tidur – halusinasi – insomnia berkepanjangan – stress setelah menikah – tips dan triks jitu mengatasi stress – depresi – olah raga teratur – sosiologi kepribadian – anti sosial – gangguan konsep diri – konflik dalam keluarga – hubungan relasi antara suami istri – mudah marah – mencari solusi penyebab stress – pekerjaan menumpuk dan tekanan di tempat kerja – self hipnotis cara jitu mengatasi stress – cara paling ampuh

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar